Cara menggunakan rotring dengan benar

Rotring rapidograph adalah sebuah alat tulis yang bentuknya sama seperti pulpen. Pada ujung mata rotring terdapat jarum kecil yang memiliki diameter tertentu. Isi dari rotring adalah tinta, namun tidak seperti tinta pada umumnya yang sulit dihilangkan dengan air, rotring justru sangat rentan terhadap air.

Penggunaan rotring haruslah sangat hati-hati, kesalahan kecil bisa membuat jarumnya patah. Tapi jangan terlalu ekstra, karena kalau tegang malah tidak bisa menulis dengan lancar. Berikut ini adalah tata cara penggunaan rotring yang baik dan benar.

1. Isi Rotring dengan tinta

Pastikan mengocok dulu tinta tersebut karena biasanya kalau disimpan agak lama akan mengendap dan tidak bagus saat dipakai.

2. Setelah diisi, tinta yang sudah masuk kedalam rotring harus dikocok lagi.

Karena tinta yang kita pakai ini tidak seperti tinta lainnya yang mudah mengalir, rotring perlu digerakan untuk dapat masuk kejarum. Itulah kenapa didalam rotring ada bijinya. Yang berguna untuk mengencerkan tinta.

3. Coba letakan jarum rotring diatas kapas.

Untuk pemakaian pertama, rotring harus dicoba dulu diatas kain atau kapas. Biasanya saat baru mengisi, tinta tidak cepat kering jadi percuma setelah dituliskan ke astralon tapi ketika diusap dengan tangan saja luntur.

4. Setelah dirasa cukup, untuk mengunakannya jangan ditekan.

Penggunaan rotring harus hati-hati terutama soal tekanan. Kita biasa menggunakan pulpen dan itu kadang ditekan. Karena jarum rotring sangat kecil maka ia rentan patah. Saya pernah mematahkannya sekali. Harganya cukup mahal ternyata. Rotring harus digunakan secara mengambang, atau tidak ditekan dan membiarkan tinta keluar dari lubang jarum dengan sendirinya.

5. Jika tinta tidak cepat kering, diangin-anginkan atau ditiup.

Tinta rotring yang tidak mudah kering kadang membuat kita menunggu lama. Agar cepat bisa ditiup dengan mulut atau dengan hair dryer tapi harus pelan. 

Subscribe to receive free email updates:

5 Responses to "Cara menggunakan rotring dengan benar"

  1. Replies
    1. catridge kan printer?. Ini rotring mas.. tinta china buat nulis/menggambar diatas astralon.

      Delete
    2. Ada yg pke catridge kok.. jadi klo abis tinta lgsung ganti catridge namanya rapidograph, kalau yg isi ulang tinta cina kya yg agan posting diatas namanya isograph

      Delete
  2. kalau pakai tinta printer bisa gak ya?

    ReplyDelete