Milimeter blok dan penggunaannya

Dgraphic-ink. Milimeter blok adalah sebutan untuk alat ukur dalam proses mountage film. Disebut milimeter blok karena dalam satu kotak persegi 1 x 1 CM terdapat 10 x 10 mm persegi. Milimeter blok dibuat menggunakan komputer dan di print dalam bentuk film. Film tersebut nantinya ditempelkan kelembar astralon tebal. 

Milimeter blok digunakan untuk banyak hal. Namun inti dari proses mountage adalah merekatkan film diatas astralon dengan ketentuan sesuai Surat Perintah Kerja. Seorang pekerja mountage tanpa milimeter blok tentu tidak dapat merekatkan film diatas astralon dengan ukuran yang tepat. Untuk itulah milimeter blok boleh jadi disebut mesinnya mountager.

Berikut ini adalah gambar dari milimeter blok.


Milimeter blok dibuat tembus pandang diatas lampu putih agar mempermudah seorang pekerja dalam merekatkan film diatas astralon. Ukuran lebar maksimal milimeter blok adalah sepanjang ukuran mesin yang dimiliki suatu perusahaan. 

Saat ini karena teknologi sudah beralih ke komputerisasi, kegiatan mountage menjadi berkurang. Dari segi efisiensi waktu kerja dan ketepatan hasil mountage, komputer jauh lebih unggul ketimbang menggunakan manual. Jika sebuah buku terdiri dari 100 halaman (semua ada teksnya), maka ada 200 film harus direkatkan. Jika ada 600 halaman maka ada 1200 lembar film. Namun dengan komputer, hanya memerlukan waktu tidak lebih dari 2 jam untuk menyelesaikan semuanya. Hasilnya sudah rapih dan bersih. Namun demikian, masih ada perusahaan yang menggunakan mountage manual. Sehingga walaupun sudah jarang, alat ini tetap dipakai.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Milimeter blok dan penggunaannya"

Post a Comment