Inilah WPAP setengah gagal

Hahh.. Membuat WPAP memang tidak pernah mudah. Baru belajar saja kadang sudah punya pikiran 'pasti gagal'. Namun sepertinya sekarang saya mulai memahami trik membuat WPAP. Sehingga mungkin walaupun ini masih setengah gagal, saya akan coba memberi sedikit gambaran cara membuatnya. 

WPAP GAGAL

Saya masih menyebut ini WPAP setengah gagal karena yang saya buat ini sebetulnya hanyalah tracing mata, bibir dan hidung. Selebihnya hanya kutak-kutik tempel-tempel saja. Tapi percayalah, pada awal pembuatan jika anda adalah pemula di adobe Ilustrator atau software sejenis, anda tidak akan berhasil kecuali anda memang pernah menggambar manusia. Sebetulnya saya agak ragu untuk membuat ini. Karena didalam Islam ada larangan untuk melukis atau menggambar. Dikatakan bahwa pelukis itu berat sekali siksanya. Tetapi ya begitulah.. tangan saya dimana saja tidak pernah berhenti menggambar. Di komputer walau dengan paint. Di kertas bekas dengan pulpen. Dimana saja. 

Nah dari proses tersebut, saya hanya menemukan trik sederhana. Pada intinya kalau anda ingin mahir dalam menggambar atau menjiplak, anda hanya perlu memahami bayangan. Itu saja. Cobalah untuk menggambar sesuatu lalu beri shadow/bayangan. Semakin sering anda melakukannya nanti anda akan terbiasa dalam mengimajinasikan sesuatu. Selanjutnya dalam pembuatan WPAP, anda akan memahami detil bayangan dimana harus ditempatkan dan dimana harus highlight atau ada sinar.

Nanti mungkin akan saya berikan contoh sederhana bagaimana menggambar benda dan bayangannya. Disini nanti saya coba berikan sedikit teknik goblok dalam menggambar. Mengapa goblok?. Karena saya memang tidak bisa menggambar. Tapi saya nekat membuat tutorialnya maka saya bilang saya memberikan teknik goblok. Nantikan saja di Dgraphic-ink, Dunia tinta Grafis Digital

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah WPAP setengah gagal"

Post a Comment