Membuat karakter ikan layang-layang di Adobe Illustrator

Sewaktu masih SD, saya punya satu akuarium. Isinya ada ikan layang-layang, ikan koi dan mas. Pernah saya isi sama ikan lele tapi akhirnya mati karena airnya sering dikuras. Untuk mengenang masa kecil, kali ini saya mencoba membuat karakter ikan layang-layang di Adobe Illustrator. Langsung saja.

Seperti biasa, kita lihat dulu hasil jadi karakter ikan layang-layang yang kita buat. 


Nah.. cukup unik kan.. kita bisa membuatnya dalam 1 jam saja. Karena ini sangat mudah. Ikan ini sebenarnya saya sering sebut dengan ikan zebra. Makanya saya buat badanya bergaris-garis. Mari kita buat.

1. Kita harus tahu bentuk dasarnya dulu. Yang pertama ialah badannya.

Cara membuatnya, tekan huruf M. Lalu drag dan buat sebuah kotak. Setelah itu tekan R dan putar object seperti gambar diatas.

2. Buat mukanya. Pertama tekan L. Buat lingkaran, posisikan seperti gambar dibawah. Aktifkan kotak, copy dan paste-kan dibelakang. Tekan CTRL+C dan CTRL +B lalu, jangan tekan apa-apa dulu. Tekan Shift, Lalu dengan mouse anda silahkan aktifkan lingkaran. Masuk panel pathfinder dan intersect gambar tersebut.



3. Selanjutnya kita buat ekornya. Silahkan buat segitiga. Pilih star tools dibasic shape. Double clik lalu masukan pada kotak dialog point 3 saja. Itu artinya kita akan membentuk sebuah bintang yang hanya memiliki 3 titik. Hasilnya bisa dilihat dibawah. Lakukan rotate, Tekan R. lalu klik tahan dan sambil tekan shift putar gambar ke arah kiri. Selesai.


4. Selanjutnya, mulut dan mata. Untuk matanya tidak perlu dijelaskan ya. Itu mudah. Kalau mulutnya, mari buat sebuah lingkaran. Copy to back. Geser kearah bawah, pakai tombol panah bawah saja. Lalu aktifkan dua lingkaran tersebut, masuk menu pathfinder dan lakukan punch atau minus front.




Kita masih belum selesai. Posisikan hasil punch tersebut kearah mulut. Aktifkan bagian kepala, copy to back (Ctrl + C, Ctrl + B). Lalu aktifkan hasil punch dan kepala, dan lakukan Intersect.

5. Buat lagi sebuah segitiga sebagai suwiwi. Suwiwi adalah bahasa jawa dari sayap. Saya sebut saja itu sirip.Sudah?. Silahkan diputar sesuai instruksi. Dengan menggunakan select editor tools (A), aktifkan segitiga dan tarik titik bawahnya mendekati ekor.


Seharusnya gambar anda terlihat seperti ini.
6. Buat juga sirip bawahnya. Caranya, copy sirip dan pastekan. Lalu pergi ke menu>object>transform>Reflect>Horizontal. Hasilnya seperti gambar dibawah. Mungkin anda bertanya, mengapa siripnya menjadi lengkung?. Itu anda harus pelajari lagi di : Pengenalan tracing di Adobe Illustor



7. Selanjutnya kita buat dulu badannya menjadi bergelombang. Untuk melakukannya anda sudah harus mempelajari effect warp. Silahkan lihat di artikel ini : Mempelajari effect warp di Adobe Illustrator





Pertama, buat sebuah persegi panjang. Lalu aktifkan, masuk ke menu>Effect>Warp>Arhc>Vertical. Dengan lengkungan atau bend sebesar -34. Hasilnya sudah anda lihat pada gambar diatas. Silahkan buat tiga buah warp dan letakan seperti contoh. Ingat!. Setelah melakukan warp kita harus meng-expand apearance. Jadi aktifkan, dan masuk menu>Object>expand Apearance.

Kita masih belum selesai, Gambar harus di bagi atau dipecah. Silahkan aktifkan badan, dan garis warp yang kita buat tadi. Lalu masuk pathfinder, devide. Setelah itu setiap object dapat dipisahkan dengan di ungroup (CTRL + SHIFT + G). Silahkan buang bagian yang tidak diperlukan.


8. Untuk membuat 'jalu' atau apa namanya ya?. He saya kurang paham namanya, kalau melihat ikan aslinya, itu memang ada bagian sirip kecil dibawahnya.

8.1  Untuk membuatnya pertama kita perlu segitiga runcing menghadap kebawah.

8.2. Kita lakukan warp>Arch>Vertical. Setelah itu  Kita expand aprearance. 

8.3  Rotate.  Putar sedikit saja sesuai gambar dibawah.

8.4  Kita harus membuang ujungnya yang terlalu runcing. Buat kotak kecil saja. Lalu Lakukan punch.

8.5 Sirip kita sudah jadi, tinggal dipasang saja. Untuk yang dibelakang tinggal di copy dan paste back.

9. Kita tunda dulu ikan kita. Silahkan aktifkan semuanya dan group.

10. Kita akan buat backgroundnya.

10.1 Buat kotak besar sebagai bacground utama. Warnai dengan biru langit atau cyan 100%.
10.2 Buat segitiga dengan star tools. Isikan poinnya 3 saja. Lalu transform>reflect>horizontal.
10.3 Tarik memanjang kekanan.
10.4 Gepengkan keatas.
10.5 Masuk window>tranparant. Jadikan gambar transparan 16%.

Kalau sudah selesai silahkan dicopy sesuai keinginan.



11. Untuk bayangan si ikan,
11.1 Buat sebuah elips. Gepengkan saja kearah samping.
11.2 Sama seperti segitiga, silahkan dibuat transparant 16%.
11.3 Masuk menu Effect>Blur>Gausian Blur.

Sebenarnya, sampai sini kita sudah beres. Saya tidak bisa menjelaskan cara membuat gelembungnya. Karena itu gampang-gampang susah. Nanti akan saya buatkan tutorialnya juga. Untuk sementara, kita warnai dulu siikan menjadi seperti ini.


Untuk sirip, saya pakai transparansi dengan paduan gradasi. Untuk garis-garis dibadan ikan saya pakai gradasi saja. Untuk muka si ikan saya juga pakai gradasi. Pelajari cara memberi gradasi diartikel : Cara membuat gradasi di Adobe illustrator

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Membuat karakter ikan layang-layang di Adobe Illustrator"

Post a Comment