Membuat dokumen baru di Adobe Illustrator yang benar sesuai SOP.

Sebuah dokumen haruslah dibuat dengan benar sesuai SOP. Karena jika tidak, maka kesalahan kecil saja bisa berakibat fatal pada proses produksi selanjutnya. Itulah mengapa seorang pekerja dituntut untuk bisa memahami sebuah pekerjaan dan mampu mengolahnya. Termasuk dalam membuat dokumen baru di Adobe illustrator yang benar sesuai SOP. Sebagai pekerja, sebaiknya selalu berpedoman kepada SOP. Hal ini karena jika ada hal yang terlupakan maka kembali lagi, pasti ada kesalahan. 

Seperti inilah  Standart Operational Procedures yang baik dan benar tentang membuat dokumen baru di Adobe Illustrator.

1. Buka Program Adobe Illustrator
2. Tekan CTRL + N.
3. Namai dokumen dengan benar sesuai Surat perintah kerja
4. Tentukan ukuran media/artboard
5. Pastikan unit atau satuan pengukuran dalam mm (millimeter).
6. Tentukan jarak bleed/batas potong
7. Tentukan mode pengolahan
8. Ok.

Tampilan Adobe Illustrator saat setelah menekan CTRL + N adalah sebagai berikut :


Membuat dokumen baru di Adobe Illustrator yang benar sesuai SOP.


Penjelasan kotak dialogue diatas adalah sebagai berikut :

1.Name : Nama dokumen. Penamaan dokumen sangatlah penting. Dalam suatu perusahaan, nama suatu dokumen dengan dokumen yang lain terkadang ada yang sama. Client biasanya memiliki produk yang mirip, mungkin hanya berbeda di kode saja atau berbeda dibarcode saja. Sehingga bila suatu penamaan dokumen tidak mengikuti SPK maka jika bisa jadi akan mengakibatkan salah pengolahan file. Yang buntutnya adalah kesalahan cetak dan proses produksi lainnya.

2. Number of Arboard : jumlah artboard. Artboard adalah kanvas, kertas digital dimana kita akan mengerjakan suatu pekerjaan. Yang perlu diperhatikan adalah setiap object yang diletakan diluar artboard tidak akan tercetak. Maka diibaratkan artboard adalah kertas, jika kita menggambar sesuatu diluar dari kertas tersebut maka tidak akan terbawa.

3. Size : Ukuran media/kanvas. Jika kita mengkustomisasi ukuran, maka harus mensetting Width (lebar) dan Height (tinggi).

4. Unit : Satuan. Sebaiknya mengedit dalam satuan mm. Karena sebuah mesin biasanya telah diatur dengan satuan mm.

5. Bleed : Batas potong. Bleed adalah bagian yang dilebihkan dari sebuah cetakan yang berada diluar garis potong. Bleed bertujuan untuk menghindari white area atau mengurangi resiko salah potong. Tidak adanya bleed bisa berakibat fatal pada divisi finishing seperti pond dan mesin potong 3 pisau. Jika pun bisa diatasi, maka perkerjaan divisi tersebut dapat tertunda. Mengenai bleed anda bisa membaca lebih lengkap di : Pengertian batas potong dalam industri Grafika

6. Color Mode : Mode Warna. Penting dan harus diingat. Jika mengerjakan sebuah order untuk web harus dipastikan modenya RGB. Dan untuk mengerjakan order untuk pencetakan maka modenya CMYK. Kesalahan mode warna dapat berakibat pada tidak sesuainya hasil cetak dengan standart warna.

7. Raster Effect : Resolusi. Semakin tinggi atau semakin banyak ppi-nya maka semakin baik hasil gambar yang bukan path. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Membuat dokumen baru di Adobe Illustrator yang benar sesuai SOP."

Post a Comment