Clipping Mask di Adobe Illustrator

Clipping Mask di Adobe Illustrator adalah salah satu teknik menseleksi gambar tanpa menghapus bagian yang tak diinginkan. Teknik ini sama dengan photoshop clipping mask akan tetapi di Adobe Illustrator sendiri belum secanggih Adobe Photoshop. Namun demikian kita tetap bisa menggunakan clipping mask untuk berbagai keperluan. 

Saya akan memberi contoh clipping mask yang sudah jadinya. Seperti ini.

Clipping Mask di Adobe Illustrator

Gambar diatas adalah contoh clipping mask dari bunga. Saya tidak tahu apa nama bungnya, yang saya tahu itu indah. Dengan clipping mask kita bisa menghemat tempat dan mengkrop bagian yang tidak diinginkan. Untuk membuatnya mari lihat tutorial dibawah ini.

1. Siapkan media ukuran 300 x 300 pixle.
2. Ambil gambar bunga dari mana saja.
3. Masukan ke adobe illustrator dengan mengakses menu>file>place
4. Pilih gambar bunganya dan klik open.

Nanti jadinya seperti ini.

tempatkan gambar

Nah terlihat kalau dengan cara diatas teksnya ketutup. Maka dari itu kita bisa menggunakan teknik cipping mask untuk membuat teks menjadi terbaca dan membuat gambar tetap pada posisinya.

5.Buat sebuah segitiga.

buat segitia besar

Kok tertutup?. Iya memang seperti itu, jadi saya sendiri tidak membuat segitiga kecil tetapi sangat besar hingga keluar dari artboard. Tidak apa, hasilnya tetap bagus kok.

6. Aktifkan gambar bunga dan segitiganya menggunakan selection tools.

Aktifkan segitiga dan gambar

7. Tekan CTRL + 7 atau akses menu object>clipping mask>make

Selesai. Seharusnya hasilnya sama seperti yang saya contohkan.

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Clipping Mask di Adobe Illustrator"

  1. Keren juga kreavitasnya, ini bisa kembangkan menjadi sebuah brosur enggak mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tentu bisa mas hanya saja membutuhkan waktu yang sangat panjang. Jadi lebih baik contoh sederhana dulu, nanti baru kalau ada waktu untuk membuat brosur akan saya berikan.

      Delete