Pengenalan Mesh tool di Adobe illustrator

Mesh tool adalah sebuah alat di Adobe Illustrator yang berguna untuk membuat gradasi dengan banyak warna. Berbeda dengan gradient tool yang kalau dipakai hanya ada pilihan radial atau linear. Dengan Mesh tool kita bisa menambahkan gradasi pada setiap object dan dapat kita atur sesuka hati. Bahkan dengan mesh tool ada orang bule yang mampu meniru kulit manusia sehingga kelihatan asli. 

Untuk dapat menggunakan mesh tool kita harus mengerti atau memahami dahulu bagaimana ia bekerja. Untuk itu pada tutorial kali ini saya akan pakai contoh saja. 

Ini adalah yang akan kita kerjakan.


mesh tool

Mana hasil dari mesh toolnya?. Gradasi kuning ke hitam adalah hasil dari mesh tool. Lain-lain itu adalah penghias saja.

Baik. Mari kita coba ke contoh satu.

1. Buatlah lingkaran dengan menekan tombol L sebagai short-cut dari elips. 


lingkaran

2. Tekan tombol U sebagai short cut dari Mesh tool. Lalu arahkan mouse anda kebagian paling tengah dari lingkaran tersebut dan klik satu kali.

lingkaran dipanah
3. Sudah?. Anda mungkin menyadari kalau lingkaran tersebut kini tidak bisa diberi garis hitam. Semula, pada gambar yang belum diklik menggunakan mesh tool masih ada garis hitam, tetapi ketika diklik satu kali, maka garisnya hilang. Anda mungkin juga sadar kalau setelah mengklik tiba-tiba ada garis yang membelah lingkaran menjadi 4 bagian.

Itu adalah fungsi dari meshtool. Ia bekerja dengan cara, setiap ada klik ke dalam object maka object akan bertambah point-nya. Setiap point tersebut dapat dirubah warnanya. Maka untuk percobaan mari merubah warna paling tengah. caranya?.

4. Gunakan Selection tool, short cut-nya "A". Klik tepat pada point yang saya tunjuk pake panah. Lalu pergilah ke panel color dan rubah warna cyan 100% menjadi 24%.

gradient mesh tool


5.Ok, silahkan menggerakan poin yang telah anda rubah warnanya keatas atau kebawah. 


membuat gelembung

Tada.. jadi sebuah gelembung. Tapi masih perlu dipoles lagi. Em,, setidaknya anda sudah mengerti bagaimana menggunakannya. Kalau belum, silahkan bereksperimen sendiri dengan mesh tool. Karena kita akan langsung ke Projek kita tadi.

Membuat lampu bersinar dimalam hari dengan mesh tool

1. Buat lembar kerja baru ukuran 400 x 400 pixle.
2. Buat persegi penuh sama dengan artboardnya.

Catatan, artboard adalah tempat anda menggambar. Kalau anda mencoba membuat gambar diluar artboard maka ketika diexport hasilnya kosong atau gambar yang anda buat tadi hilang. Gambar diatas itu saya sertakan artboardnya (kotak hitam).

3. Warnai dengan hitam. Lalu tekan tombol U/mesh tool. Lalu pada bagian tengah dari kotak yang anda buat tadi silahkan diklik. Hasilnya seharusnya seperti ini.

mesh tool

4. Gunakan select editor tool (A). Klik pada point bagian tengah kotak tadi, lalu beri warna yellow 100%. Hasilnya seperti ini.

Kotak dengan kuning ditengahnya


5. Klik lagi point paling tengahnya, lalu drag keatas.

Menciptakan sinar lampu dengan meshtool


6. Anda mungkin melihat ada bagian yang sinarnya tidak sampai pinggir. Tugas kita selanjutnya adalah mengubah warna hitam pada setiap poin agar menjadi abu-abu atau gray. Sekali lagi, setiap poin bisa diklik, silahkan klik menggunakan select editor tool lalu ubah warnanya di panel color. Jika anda benar, seharusnya jadi seperti ini,

menghilangkan hitam

7. Sinar lampunya sudah jadi, tapi mana bohlamnya?. Mari kita buat. Pertama, buat dua buah lingkaran lonjong. Seperti dibawah.

membuat lampu
8. Ingat fungsi dari select editor tool?. Klik bagian bawahnya, tarik sampai menyentuh lingkaran besar.

satukan

9. Dengan mengakses menu>windows>pathfinder, satukan kedua bentuk tersebut menggunakan fungsi join. Lihat gambar diatas.
10. Hilangkan titik pertemuannya menggunakan pen tool. Tekan tombol P, lalu arahkan ke bagian yang mau dihilangkan. Kemudian klik jika ada tanda minusnya.

menghilangkan poin

11. Ulangi pada poin yang lain, sehingga menghasilkan gambar dibawah ini.

lampu diberi bohlam

12. Beri gradasi hitam, lalu buat elips dan taruh dibelakang.
13. Buat persegi panjang, masuk ke menu style, pilih batu bata.

Tekstur bata

Kalau anda tidak menemukan tekstur batu bata, ada pilihan kecil dibawah style. Disitu bisa diklik dan dipilih. Maaf kalau tidak saya lengkapi. Masa semuanya sih?. 

14. Anda boleh menambah teks boleh tidak. Itu terserah anda. Tapi jika anda kreatif, mungkin gambar ini bisa anda isi dengan sesuatu seperti phocong. ^^

Mau tidur

Ah.. selesai juga. Saya membuat tutorial ini selama 2 jam. Duh memang cukup berat. Tapi hasilnya lumayan juga.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengenalan Mesh tool di Adobe illustrator"

Post a Comment