2 jam 'lebih muda' dengan photoshop

Dgraphic-ink. Photoshop memang menyediakan berbagai macam tools yang dapat kita pakai untuk memperbaiki gambar. Pada dasarnya, ketika kita menguasai satu buah tool saja maka kita sudah bisa melakukan perbaikan terhadap gambar. Namun untuk benar-benar menghasilkan gambar yang baik tentu saja dibutuhkan lebih dari satu tools. Untuk itu menguasai dasar-dasar penggunaan tools pada adobe photoshop sangatlah penting.

Dengan menguasai selection tools saja misalnya, anda sudah dapat melakukan berbagai aksi yang bagus semisal menyatukan dua buah gambar seolah anda sedang bersama seorang artis. Atau misalnya lagi dengan clone stamp tool anda dapat menghilangkan jerawat dan noda lainnya dengan sangat mudah.

Namun akan jadi pertanyaan, 'buat apa pakai photoshop, kan ada tools online yang sekali upload langsung jadi?'. Segala sesuatu yang dilakukan dengan manual, hasilnya menurut saya akan lebih baik ketimbang melakkukannya dengan online atau otomatis. Dengan kamera 360 di android misalnya, foto dengan kulit kusam dan berjerawat bisa dirubah menjadi cerah dan bersih dari noda. Tapi apakah bisa foto tersebut terlihat natural?. Tentu tidak.

Pada kesempatan kali ini, saya ingin berbagi sedikit ilmu tentang retouching. Didalam dunia grafika, retouching adalah sesuatu yang sudah umum. Seroang designer atau operator desktop sudah pasti harus menguasai kemampuan ini. Karena dengan kemampuan tersebut, Siapapun dia akan bisa menghasilkan foto/gambar yang baik.

supaya lebih jelas, mari kita lihat contoh dibawah ini.

Retouching photo


Apa yang saya lakukan terhadap photo ayah saya adalah :

  • Mengurangi warna magenta pada keseluruhan muka. Dan menambah warna magenta + yellow pada bibirnya.
  • Menghilangkan sebagian jenggot
  • Menghilangkan kerutan bekas kena beling
  • Merubah warna rambut
Dengan melakukan hal diatas saya sudah merubah foto ayah saya menjadi sedikit lebih muda. Pertanyaannya, bagaimana saya melakkuannya?. Apakah langsung jadi dengan menggunakan tools yang tersedia atau menggunakan teknik yang sulit?. Tidak, tetapi pengerjaannya cukup memakan waktu. Meskipun hasilnya masih kelihatan sekali kalau editan, tetapi orang awam yang tidak tahu dunia grafis tidak akan mengetahuinya. Lagi pula siapa yang akan memperhatikan sampai detil?. Mungkin itu adalah pekerjaan seorang telematika. Untuk itu, hasil retouch yang gagal sekalipun akan tetap enak dilihat bagi orang awam.


Namun anda dapat terlebih dahulu mempelajari fungsi-funsgi tools berikut ini.


Editing Image

Di photoshop tersedia berbagai tool yang terbagi dalam beberapa kategori. Ada selection tool, editing, drawing, dan moving tool. Pada kesempatan kali ini kita hanya menggunakan bagian editing saja. 

Spot Healing Brush Tool 
Untuk menghilangkan noda berupa titik-titik pada sebuah gambar secara otomatis. Dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat atau kotoran lainnya pada wajah.

Brush Tool
Untuk  menyapukan warna dengan kuas tertentu pada sebuah gambar.

Clone Stamp tool
Untuk melakukan clonning atau menggandakan gambar dengan cara mengambil sampel terdekat dan menyapukannya pada bagian yang lain. Hampir sama dengan spot healing brush tool namun pengambilan sample dilakukan secara manual.

History Brush tool
Untuk menghapus langkah apa saja yang telah diaplikasikan kepada sebuah gambar.

Eraser Tool
Untuk menghapus gambar.

Paint Bucket tool
Untuk menuangkan warna pada sebuah gambar dengan cakupan area tertentu berdasarkan warna dominan pada gambar tersebut.

Blur tool
Untuk menyamarkan atau membuat objek menjadi tidak fokus.

Dodge tool
Untuk mencerahkan gambar pada area tertentu dengan cara menyapukan secara manual.

Kedepan, langkah yang saya lakukan diatas akan menjadi link untuk tutorial. Dan sementara ini silahkan mencoba-coba untuk menggunakan tool tersebut diatas. Bisa atau tidak tergantung kemauan anda. Saya pribadi bisa karena ada kemauan dan melihat cara bekerja orang lain. Selamat mencoba.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "2 jam 'lebih muda' dengan photoshop"

  1. haha :D kalau gitu tidak perlu perawatan apapun dongs, cukup dengan menggunakan aplikasi ini wajah kita akan lebih cantik :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yak, betul sekali. Tapi kan ini hanya foto saja mbak. Bukan aslinya. Kalau aslinya ya tetep aja beruban dan keriputan.

      Delete